xampp di Linux

Belajar dan Mencoba
=============

Berikut ini akan dijelaskan sedikit ilmu yang bermanfaat untuk pembacanya……..,Sambil Membaca sambil Belajar :

Cara mudah install webserver dengan XAMPP sudah ada paket MySQL, PHP, Perl dan lainnya. install XAMPP : download , extrak, dan start jadi deh….

1. Download LAMPP versi baru
2. Extrak file download ke /opt dengan perintah
# sudo tar xvfz xampp-linux-1.6.6.tar.gz -C /opt
3. Jalankan xampp dengan perintah
# sudo /opt/lampp/lampp start
nb : Jika muncul pesan /opt/lampp/bin/mysql.server: 334: log_success_msg: not found,
simply follow this instruction to edit your mysql.server file
Ketik di konsol sudo gedit /opt/lampp/bin/mysql.server
Pada baris pertama ganti dengan #!/bin/bash

Untuk Cek, jalankan Firefox lalu ketik: http://localhost

ok. XAMPP dah jalan

ohya kalo ada muncul pesan setelah start sbb;

/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
Starting XAMPP for Linux 1.6.6…
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
XAMPP: Starting MySQL…
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started.

tenang…. jangan takut, ketik lagi
sudo nano /bin/arch

isi dengan :

uname -m

keluar dan simpan, lalu ketikkan :

sudo chmod +x /bin/arch

ok. sekarang restart XAMPP dengan perintah;

sudo /opt/lamp/lampp restart

kira-kira akan keluar seperti ini

Stopping XAMPP for Linux 1.6.6…
XAMPP: Stopping Apache with SSL…
XAMPP: Stopping MySQL…
XAMPP: Stopping ProFTPD…
XAMPP stopped.
Starting XAMPP for Linux 1.6.6…
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
XAMPP: Starting MySQL…
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started.

Selamat Mencoba………..
Semoga Bermanfaat……..

Advertisements

1 Comment »

  1. Ted….add link dong ke blog ku.
    Makasi ya..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: